Table Mountain (Gunung Meja) yang berada di Cape Town, Afrika Selatan


Gunung Meja atau juga disebut dalam bahasa Inggris nya Table Mountain, adalah merupakan sebuah gunung yang unik berbentuk seperti meja , gunung ini berada di Taman Nasional Gunung Meja tepatnya di kota Cape Town, Afrika Selatan. Dan merupakan salah satu objek wisata unggulan di kota itu. pemandangan dari atas gunung meja ini merupakan salah satu pemandangan terbaik di Afrika. Orang- orang mengunjungi gunung ini dengan menggunakan kereta kabel atau mendakinya.

Table-Mountain-Cape-Town-South-Africa-2

Keistimewaan dari Gunung Meja ini adalah tinggi dataran yang mencapai 3 kilometer yang memiliki tebing indah di kedua sisi nya. dataran ini diapit oleh pegunungan bernama Devil's Peak di bagian timur dan Lion's Head di bagian barat. kedua pegunungan tersebut membuat Gunung Meja tampak sangat memesona dan membentang luas hingga signal hill sehingga terbentuk amfiteater alami yang dinamakan city bowl dan terdapat pula pemandangan laut dari Table Bay Harbour. titik tertinggi dari Gunung Meja ini menghadap ke bagian timur dari pegunungan dan ditandai dengan Maclear's Beacon, sebuah batu kasar yang berbentuk piramida dibuat oleh Sir Maclear Beacon dalam penelitian trigonometri. tinggi nya 1.086 meter diatas permukaan laut, 19 meter lebih tinggi dari stasiun kereta kabel yang berada di sisi barat pegunungan.

tablemountain-04

Table Mountain merupakan ikon Afrika Selatan dan satu-satunya situs alami di planet ini yang memiliki konstelasi bintang yang diberi nama yang sama yakni Mensa, yang berarti ‘meja’. Gunung berpuncak datar ini telah bertahan 6 juta tahun melalui erosi dan merupakan tempat tinggal kerajaan flora kecil tapi terkaya dengan lebih dari 1.470 spesies bunga.

table-1

Gunung Meja juga memiliki sejumlah besar spesies langka dan terancam punah. Ini adalah situs yang paling dikenal di Cape Town, pintu gerbang Afrika, karena puncak datarnya yang unik dan mencapai 1.086 m. Gunung Meja bergabung sebagai tujuh keajaiban dunia dengan hutan hujan Amazon, Vietnam Halong Bay, Iguazu Falls Argentina, Jeju Island Korea Selatan, Komodo di Indonesia, dan Puerto Princesa Underground River Filipina sebagai tujuh keajaiban dunia yang baru.
Copyright © KEPO BANGET. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design